Senin, 19 Juli 2021

3 Cara Dapatkan Modal Usaha untuk Buka Usaha Bisnis

 


Berbisnis merupakan salah satu pilihan yang dapat kita lakukan untuk menambah pemasukan dalam jangka panjang. Bahkan sekalipun kita telah bekerja kantoran, bisnis tetap dapat dijalankan tanpa perlu resign. Ada juga pilihan lainnya seperti menambah kerja freelance.

Untuk membuat bisnis yang sustainable dan terus berkembang, modal merupakan salah satu aspek terpenting. Tanpa modal yang cukup kita tidak dapat memaksimalkan operasional, mengembangkan produk, dan menggaji karyawan dengan layak, dan sebagainya.

Nah, kamu gak perlu khawatir! Berikut ini ragam cara dapatkan modal usaha mikro untuk bisnismu. Simak selengkapnya ya!

Cara Dapatkan Modal Usaha

1.      Meminjam Uang Keluarga atau Kerabat

Keuntungan meminjam uang kepada keluarga atau kerabat yaitu tidak adanya bunga. Tapi, jangan diartikan sebagai cara untuk berutang seenaknya ya.

Kamu dapat berterus terang kepada keluarga atau kerabatmu mengenai bisnis yang sedang kamu jalankan, dan apa kegunaan uang tersebut nantinya.

Dilansir dari Inc, kamu harus memastikan kapan kamu dapat mengembalikan uang pinjaman modal usaha tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelangsungan hubunganmu dengan orang-orang terdekatmu. Bila tidak ada kepastian pengembalian uang, tentunya akan menyusahkan mereka.

Kamu dapat meyakinkan mereka dengan tenggang waktu sesuai kemampuanmu. Misalnya 2 bulan lagi.

2.      Kredit Bank

Banyak bank yang memberikan akses pengkreditan untuk usaha rakyat. Kamu dapat memanfaatkan fasilitas ini, tapi pastikan kamu memahami bunga yang harus ditanggung. Kredit yang ditawarkan oleh bank pun memiliki beragam jenis, mulai dari dengan jaminan hingga tanpa jaminan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Pinjaman dari Bank

Dilansir dari situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan layanan Kredit Usaha Rakyat dari perbankan:

·     Tanyakan dan pastikan info kewajiban pokok, bunga, dan biaya-biaya yang dikenakan kepada petugas bank sebelum mengajukan permohonan kredit.

·        Perhitungan kemampuan usaha dalam melunasi cicilan pokok/bunga kredit.

·        Gunakan fasilitas kredit yang diterima sesuai tujuan.

·        Terbuka dengan bank dalam hal memberikan informasi yang diperlukan seperti info usaha Anda.

·        Pahami perjanjian kredit yang akan ditandatangani.

·    Jaga reputasi dengan memenuhi kewajiban pembayaran secara tepat waktu dan sesuai besaran yang Anda pinjam.

 

3.      Pinjam Modal dari P2P Lending

Akses modal melalui p2p lending umkm yang telah diawasi OJK. Saat ini telah tersedia beragam aplikasi dan website peer-to-peer lending yang dapat kamu gunakan. Pastikan kamu memahami segala ketentuannya sebelum melakukan peminjaman yaa, seperti besaran bunganya.

Nah, itulah 3 cara dapatkan modal usaha untuk berbisnis yang dapat kamu lakukan. Kamu sudah coba cara yang mana?

Nah, sekarang kamu sudah mengerti kan apa itu Obligasi Konversi? Apakah kamu tertarik untuk mulai investasi Obligasi Konversi? Saat ini kamu dapat investasi Obligasi melalui platform investasi berbasis securities crowdfunding lho!


EmoticonEmoticon