Sabtu, 29 April 2023

Banyak Beredar Produk Pipa PVC, Apa Saja Kelebihannya?

 

produk keran air

Pemilihan bahan bangunan dan berbagai produk instalasi untuk kebutuhan aliran air dan listrik yang tepat merupakan kunci untuk hunian yang nyaman dan aman di berbagai kondisi. Contohnya pada area kamar mandi, penggunaan produk keran air yang berkualitas, pemasangan dan pemilihan jenis keramik serta penempatan ventilasi udara yang tepat akan memperbaiki kualitas air dan udara yang ada di dalamnya sekaligus dapat menjamin kesehatan para penghuni rumah.

Berkaitan dengan saluran air, kini bahan material yang digunakan juga semakin beragam. Namun diantara banyaknya jenis material yang bisa digunakan, bahan baku pipa PVC untuk kebutuhan aliran air di dalam rumah sudah cukup sering didapati. Hal ini karena penggunaan pipa PVC sebagai produk saluran air lebih banyak memiliki kelebihan dibandingkan pipa berbahan lainnya seperti pipa air jenis logam. Ingin tahu beberapa kelebihan yang dimiliki oleh bahan material pipa PVC? Yuk simak ulasannya sebagai berikut.

       Lebih ekonomis

Dibandingkan dengan bahan material lainnya seperti pipa berbahan dasar logam, pipa PVC cenderung lebih ekonomis alias jauh lebih murah dari sisi harga. Hal ini tentu membuat Anda dapat menghemat pengeluaran saat proses pemasangan instalasi aliran air.

       Lebih mudah dipasang

Jenis plastik Polyvinyl Chloride atau biasa disebut dengan PVC cenderung lebih lentur sehingga jauh lebih mudah dipasang dibandingkan dengan pipa berbahan dasar lainnya. Meski lentur, kelebihan yang satu ini tidak membuat pipa PVC rapuh, justru jauh lebih kuat dan tahan akan patahan hingga goresan. Kemudahan dalam pemasangan memungkinkan Anda lebih leluasa dalam membuat sambungan saluran air untuk berbagai kebutuhan.

       Berbahan ringan

Termasuk kedalam kategori plastik, Polyvinyl Chloride atau PVC dipastikan memiliki berat yang jauh lebih ringan dan sangat cocok untuk penggunaan instalasi saluran air di rumah ataupun di perkantoran. Beratnya yang ringan juga membuat pipa PVC banyak digunakan untuk kebutuhan pengaliran air di dapur-dapur restoran baik di dalam area dalam maupun jenis dapur outdoor.

       Anti korosi

Tentu saja kelebihan pipa PVC dibandingkan pipa berbahan dasar logam yang paling kentara adalah sifatnya yang anti korosi. Hal ini mengingat pipa jenis logam akan sangat mudah mengalami korosi akibat reaksi zat senyawa yang mengalir di dalamnya. Hal ini akan berefek pada timbulnya kendala aliran air yang semakin lama akan semakin kecil dan melemah. Meski begitu, pipa jenis PVC juga dapat mengalami ganjalan karena permukaannya mudah tertempel lumut dan kotoran sehingga tetap butuh perawatan secara berkala.

 

Itu dia beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pipa PVC. Kelebihan yang dimiliki tentu harus dimanfaatkan dengan bijak dan jangan lupa selalu konsultasikan kebutuhan Anda dengan teknisi yang melakukan pemasangan atau instalasi di lapangan agar pemilihan pipa PVC dapat disesuaikan dengan ukuran dan juga tekanan air.


EmoticonEmoticon