Rabu, 21 Juli 2021

6 Alasan Mobil Tidak Bisa di Starter

 

Mobil Tidak Bisa di Starter

Mobil tidak bisa di starter sebenarnya bisa terjadi karena banyak alasan yaa teman-teman. Sehingga ketika hal tersebut sedang kamu alami maka janganlah panik sehingga tidak logis dalam mengatasinya. Apalagi jika kamu sedang jauh dari bengkel atau kamu sedang dalam perjalanan jauh maupun mobil mati di tengah jalan.

Nah daripada panik dan tidak ada usaha memperbaiki, maka disini kami membantu kamu untuk memberikan beberapa alasan kenapa mobil tidak bisa di starter secara tiba-tiba. Dengan begitu kamu bisa mengatasinya dengan rileks sehingga mobil pun bisa nyala kembali.

Penyebab Mobil Tidak Bisa di Starter Secara Tiba-Tiba

Ada banyak hal yang menyebabkan sebuah mobil tidak bisa di starter yaa. Lakukan pengecekan secara detail sebelum kamu mengambil kesimpulan terhadap masalah yang dialami mobilmu. Berikut ini ada beberapa alasan yang menjadikan mobilmu susah di starter.

  • Masalah Busi

Jika kamu mengalami kejadian dimana mobil tidak bisa nyala maka kamu bisa periksa kondisi businya. Dimana kamu harus memastikan businya bersih dan tidak mengalami kerusakan. Karena jika busi kamu biarjkan kotor maka bunga api akan terhambat sehingga tidak bisa di starter. Cara membersihkannya pun gampang dan seharusnya kamu sudah menyediakan pembersih busi kemanapun kamu pergi di dalam mobil tersebut.

  • Alternator Rusak

Masalah berikutnya datang dari komponen alternator yang berguna untuk membuat aliran listrik kea rah aki. Sehingga ketika kamu mengalami hal seperti ini dan akimu dalam kondisi bagus maka mobil pun tidak bisa kamu starter. Nah cara memperbaikinya memang tidak bisa kamu lakukan secara mandiri yaa dan kamu harus membawanya langsung ke bengkel untuk bisa diperbaiki. Oleh karena ini kamu harus mencari informasi terkait bengkel terdekat yang bisa membantumu menangani mobilmu.

  • Distribusi Bahan Bakar

Jika bahan bakar yang ada pada mobil tidak mengalami distribusi secara bagus juga bisa menyebabkan mobil tidak bisa di starter loh. Hal ini karena fuel pump dari berasal dari tangki kea rah karburator bersifat lemah. Nah kamu hanya perlu memberikan hentakan pada fuel pump untuk memfungsikannya kembali.

  • Masalah Koil

Selanjutnya koil yang sudah rusak juga bisa mempengaruhi kemampuan starter mobil. Dimana fungsi koil ini adalah untuk membentuk tegangan dobel ke arah aki. Sehingga arus listrik yang mengalir ke busi dan membentuk bunga api bisa lebih besar. Nah apabila ini terjadi pada mobilmu maka kamu hanya bisa memperbaikinya jika kamu membawanya ke bengkel mobil terdekat.

  • Masalah Aki

Adanya masalah aki merupakan alasan paling umum kenapa mobil tidak bisa di starter yaa. Meskipun kamu berpikir kalau akinya masih bagus karena baru ganti, namun terjadinya kualitas aki yang kamu dapatkan sangat jelek. Sehingga hal inilah yang mempengaruhi mobil tidak bisa nyala. Oleh karena itu kalau mau membeli aki ada baiknya pastikan aki yang kamu beli merupakan aki yang asli bukan aki sudah pernah dipakai.

  • Mesin Panas

Pada beberapa mobil ketika dalam keadaan mesinnya panas memang terkadang sulit untuk di starter. Sehingga yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui aliran bahan bakar dan karakteristik mobil. Dimana pada beberapa mobil harus distarter dalam kondisi mesin dingin agar bisa bekerja dengan sempurna. Selain itu koil yang terlalu panas juga bisa membuat mobil tidak bisa di starter yaa sehingga pastikan koil dalam kondisi aman dan tidak rusak pula.

Nah itulah tadi alasan mobil tidak bisa distarter secara tiba-tiba yaa, apabila kamu sedang mengalaminya maka periksalah terlebih dahulu. Diantaranya terkait aliran bahan bakar, kemudian busi, kondisi koil, dan fuel pump. Jika penyebabnya tidak bisa kamu atasi secara mandiri maka segera cari informasi bengkel terdekat untuk mendapatkan penanganan segera.


EmoticonEmoticon