Senin, 21 Juni 2021

Tips Menabung Untuk Menikah, Segera Wujudkan Pernikahan Impian

 


Tips menabung untuk menikah penting untuk diperhatikan bagi Anda yang telah merencanakan pernikahan dengan pasangan. Menikah merupakan dambaan bagi setiap pasangan. Akan tetapi untuk sampai pada tahap itu tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan. Selain harus memperoleh restu dari orang tua, sebelum menikah Anda juga harus menyiapkan materi yang tidak sedikit.

Terutama apabila Anda dan pasangan memiliki suatu konsep pernikahan idaman. Apabila sudah mempunyai rencana menikah dengan budget yang lumayan besar, maka sebaiknya Anda mulai menabung dari sekarang.

Beberapa Tips Menabung Untuk Menikah

Biaya suatu pernikahan memang tidak murah. Meskipun menerapkan konsep sederhana, Anda juga tetap memerlukan biaya pernikahan. Oleh karena itu, menabung dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Maka semakin cepat Anda dan pasangan mulai menabung maka semakin cepat pula uang tersebut akan terkumpul. Lalu, pernikahan yang selama ini Anda impikan pun dapat terwujud. Berikut ini beberapa tips menabung untuk menikah yang dapat Anda terapkan antara lain:

Buat Rekening Tabungan Khusus Untuk Pernikahan

Hal penting pertama yang dapat Anda persiapan dalam menabung untuk moment tersebut adalah membuka rekening tabungan khusus untuk pernikahan. Anda dan pasangan dapat mengisi tabungan tersebut secara bersama-sama dari alokasi gaji masing-masing.

Dengan demikian setiap pasangan dapat menabung dalam porsi yang sama. Sebaiknya diskusikan terlebih dahulu nominal yang ingin Anda tabung dalam setiap bulannya.

Tujuan utama dari tabungan ini adalah untuk mengurangi gaya hidup boros, sehingga dapat bersama-sama fokus untuk menyiapkan biaya pernikahan secara lebih baik.

Meskipun nominal yang terkumpul nantinya belum sesuai dengan harapan, akan tetapi setidaknya Anda dan pasangan sudah memiliki sumber dana lain untuk memenuhi biaya pernikahan.

Tentukan Budget Anda

Budgeting atau menetapkan anggaran yang diperlukan dapat disesuaikan dengan penghasilan Anda dan pasangan. Coba evaluasi pengeluaran Anda selama 3-6 bulan terakhir. Hitung berapa jumlah penghasilan yang Anda dapatkan dalam setiap bulannya.

Lalu, sesuaikan dengan pengeluaran yang harus Anda keluarkan dalam setiap bulannya. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui dana lebih yang dapat Anda sisihkan untuk tabungan pernikahan. Selanjutnya buat budget atau target maksimum yang perlu Anda capai.

Tidak hanya total estimasi biaya yang Anda perlukan, akan tetapi Anda juga perlu rincian biaya dari setiap kebutuhan dalam pernikahan. Mulai dari venue, pakaian, makanan hingga dokumentasi.

Dengan adanya rincian biaya, hal ini akan memudahkan untuk mengestimasi besaran dana yang dapat Anda tabung. Mempunyai budget yang rinci juga akan memudahkan Anda apabila seandainya di tengah jalan saat menabung, Anda harus menyesuaikan kembali dana yang Anda perlukan.

Terapkan Gaya Pacaran Hemat

Untuk dapat mewujudkan usaha Anda menabung untuk biaya pernikahan, sebaiknya terapkan gaya pacaran yang hemat. Biaya berkencan dengan pasangan pada saat weekend pun harus Anda perhatikan. Jangan sampai Anda dan pasangan sudah berhemat di tengah minggu dan kembali menghabiskan di akhir minggu.

Sebaiknya Anda dan pasangan mula membiasakan diri untuk menerapkan gaya pacaran yang hemat. Jika Anda dan pasangan sebelumnya menonton film di bioskop setiap minggu, maka dapat menonton sambil di rumah saja.

Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Meskipun sudah berbagai sektor, Anda juga harus mencatat cashflow yang terjadi dalam setiap bulannya. Catat secara baik pengeluaran dan pendapatan sekecil atau sebesar apapun nominalnya. Dengan demikian, Anda dapat memantau apakah terjadi kebocoran serta pengeluaran konsumtif dapat Anda tekan.

Menentukan Bentuk Tabungan

Sebelum memutuskan untuk menabung, maka Anda perlu menetapkan bentuk tabungan. Terdapat berbagai jenis tabungan yang dapat Anda pilih. Seperti tabungan biasa, investasi ataupun bentuk tabungan lainnya.

Selain menabung dalam bentuk simpanan, ada baiknya juga Anda menabung cara berinvestasi. Salah satunya yang cukup direkomendasikan adalah berinvestasi dalam bentuk emas. Selain sebagai investasi, nantinya emas juga dapat Anda jadikan sebagai mahar pernikahan.

Keuntungan dari menabung emas salah satunya adalah tidak akan terkena imbas inflasi. Karena uang Ada akan dihitung berdasarkan gram emas. Maka saat mengambilnya kembali, akan ditentukan dengan harga emas saat itu. Untuk menabung emas yang aman dan terpercaya, Anda dapat melakukannya di Pegadaian.

Syaratnya cukup mudah dan cara menabungnya pun cukup simpel. Untuk informasi lebih lengkap Anda dapat mengunjungi website resmi  Sahabat Pegadaian. Disana Anda akan memperoleh semua informasi lengkap yang Anda perlukan dalam hal menabung emas di Pegadaian.

Salah satunya satunya adalah informasi mengenai Simulasi Tabungan Emas. Dengan demikian Anda dapat update harga emas terkini dan dapat langsung Anda simulasikan.

Dengan mengikuti beberapa tips menabung untuk menikah di atas, maka mendapatkan pernikahan idaman bukanlah suatu impian belakang. Segera terapkan tips-tips di atas, agar proses menabung akan menjadi lancar, dana pernikahan yang Anda perlukan akan segera terkumpul.

 


EmoticonEmoticon