Minggu, 11 April 2021

Panduan Cara Buka Toko Online Seperti Blibli

 

cara buka toko online

Cara buka toko online sudah begitu gampang di era digital ini. Dimana semuanya berbasis teknologi dan mendukung gaya hidup para generasi muda yang pergerakannya semakin cepat. Serta gaya hidup yang terbebas dari kata ribet. Apalagi untuk untuk memulai berjualan, kamu tidak perlu melepas pekerjaan utamamu loh. Kamu bisa mengerjakannya sambil bersantai, kemudian tanpa perlu menyewa toko secara fisik, karena kamu cukup mendaftarkannya ke banyak platform e-commerce yang persebaran pasarnya sudah nasional bahkan internasional.

Platform jualan online yang ada di negeri ini sudah banyak sekali, salah satu yang terbesar adalah Blibli. Dimana e-commerce ini bergerak di bawah naungan Djarum. Dan jika kamu tertarik dengan platform nasional seperti Blibli cara buka toko online disitu pun mudah. Karena ketentuan yang harus kamu penuhi tidaklah banyak dan bergantung dari keseriusan kamu untuk memulainya. Nah sebagai panduan atau cara buka toko online terutama di Blibli, kalian bisa mengikuti instruksi berikut ini yaa agar segera bisa memulai berjualan.

Panduan Mudah Buka Toko Online di Blibli

Cara buka toko online di Blibli harus mengikuti beberapa langkah praktis berikut. Nah bagi kamu yang sedang bersemangat untuk merintis usaha di samping pekerjaan utamamu sekarang bisa menyimak langkah berikut ini.

  • Pertama lakukan perintah pembuatan data diri awal (akun baru)

Agar kamu bisa segera berjualan disini kamu perlu membuat sebuah akun di platform Blibli. Data diri yang perlu kamu persiapkan diantaranya ada nama resmi kamu, kemudian email khusus untuk kamu berjualan, nomor khusus jualan yang aktif, gunakan password yang identic dengan brand kamu sehingga mudah untuk diingat, dan terakhir daftarkan juga nama brand yang ingin kamu usung. Untuk nomor telepon agar prose penjualan bisa berjalan dengan baik ada baiknya nomor seller perorangan dibedakan dengan seller perusahaan yaa. Nah selanjutnya kamu akan mendapatkan sebuah kode yang berguna untuk verifikasi agar akun kamu tersebut bisa segera aktif.

Kemudian lanjutkan  dengan membuka alamat website dari Blibli.com dan klik panel jual di Blibli biasanya ada di bagian paling atas laman. Lalu kamu bisa langsung pilih Daftar sebagai seller dan data-data yang sudah kamu siapkan bisa langsung kamu ketikkan di kotak yang muncul dihalam tersebut. Jika sudah beres kamu bisa langsung klik panel Daftar yaa.

  • Kedua selesaikan panduan Onboarding Seller Baru

Maksud dari Onboarding Seller Baru adalah kamu memberikan informasi terkait produk yang akan kamu jual. Kamu bisa mengikuti langkah berikut ini agar produk yang kamu jual bisa segera tayang dan dilihat oleh pengguna Blibli.

Diantaranya kamu bisa memberikan berbagai informasi mengenai brand kamu dan juga gudangnya. Lalu tentukan berbagai pembayaran yang bisa kamu terima, namun sebelum itu pastikan memberikan kelengkapan informasi terkait kamu. Yang mana data seperti nomor rekening,  surat domisili, lalu KTP dan juga NPWP jika kamu adalah toko personal. Sedangkan jika kamu brand sebuah perusahaan kamu bisa menggunakan KTP dan NPWP dari Direksi Perusahaanmu, lalu akta pendirian perusahaan ditambah SK Menkeh, keterangan SIUP, keterangan TDP, dan juga akta perubahan jika ada.

Setelah langkah tersebut kamu penuhi kamu bisa langsung melanjutkan dengan upaya penayangan produk. Dimana kamu bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi Blibli Seller Center yang bisa kamu peroleh secara gratis di Google Playstore. Jika sudah maka toko online kamu sudah bisa ditemukan pembeli di halaman produk Blibli.com yaa.

Ketentuan yang Perlu Dipahami Penjual Online

Mudah bukan cara buka toko online lewat Blibli, selanjutnya yang perlu kamu pelajari adalah ketentuan yang harus kamu taati sebagai seller atau penjual di Blibli. Diantara ketentuan tersebut semuanya harus kamu taati agar proses penjualan bisa berjalan dengan baik.

  • Kamu harus memahami prosedur barang yang bisa dijual di Blibli. Karena tentunya Blibli melakukan usaha penuh untuk menjaga kredibilitas produk yang di jual di platformnya. Hal ini perlu kamu lakukan agar bebas dari penalty Blibli.
  • Kamu bisa mendapatkan berbagai fasilitas seperti pengambilan gambar atau foto produk bebas biaya, kemudian penambahan user PIC yang bisa kamu lakukan secara gratis tanpa pungutan biaya lagi.
  • Kamu bebas menggunakan berapapun akun user PIC untuk bisa mengakses Blibli Seller Center karena tidak ada pembatasan mengenai hal ini.
  • Selalu taat terhadap kontrak dan berbagai kebijakan Perjanjian Kerja Sama yang diterapkan oleh Blibli termasuk komisi yang harus kamu bayarkan.
  • Selalu memberikan respon cepat pada setiap pesanan yang masuk dan mencermati betul pilihan pengiriman produknya.
  • Memahami ketentuan pembayaran yang dilakukan oleh Blibli yaa, karena pembayaran akan kamu terimaa saat produk tersebut sudah terkonfirmasi penerimaannya di lokasi terkirim.

Bagaimana menurut kalian, tentunya cara buka toko online dan berbagai ketentuannya tersebut tidak ada yang merugikan kalian bukan. Malah sebaliknya kamu akan menerima banyak keuntungan loh, jika kamu rajin dalam pengelolaan toko onlinemu ini.


EmoticonEmoticon